Lamaso Matematika US SD dalam Rangka Belajar #DiRUmahAja: Sebuah Kompetisi

Lamaso versi 2020c

KOMPETISI LAMASO MATEMATIKA COVID-19
(#DiRumahAja)

Matematika Ujian SD
Halo, sobat Lamaso ...,

Masih tetap di rumah kan? Semoga keadaan Indonesia semakin membaik ya.... Dan Kalian wajib menjaga kesehatan dan #DiRumahAja.

Nah, untuk membantu proses belajar di rumahmu, Kami bekerja sama dengan Tim Pengembang Kurikulum Kota Depok - Jawa Barat, mengadakan kompetisi Lamaso Matematika.

Kalian akan berkompetisi dengan teman-teman kalian. Baik dalam satu sekolah, luar sekolah, antarsiswa SD se-Kota Depok, bahkan pesertanya bisa dari luar Kota Depok, loh ....

Kok bisa?

Bisa dong. Lamaso kini, hadir dengan penambahan fitur baru. Nilai kamu bisa langsung otomatis masuk ke Database Lamaso. Kamu bisa melihat hasil peringkat Kamu setelah mengerjakannya.

Bagi sekolah di lingkungan Kota Depok, database hasil nilai ini dapat menghubungi pengawas binaan masing-masing. Di sana, Bapak-Ibu guru dapat melihat skor nilai putra-putranya.

Kami mengucapkan terima kasih kepada:
  1. Kepala Sekolah UPTD SDN Ratujaya 1 Kec. Cipayung, Bapak Ahmad Sadeli
  2. Koordinator Tim Pengembang Kurikulum Kota Depok,, Bunda Hj. Ijah Sopiah,
  3. Pengawas binaan kami, Bapak Asmat Umar dan Bapak Bahrudin,
  4. Koordinator pengawas Kota Depok
  5. TPK Matematika (Bunda Safiah Zuhra, Pak Fajri, Pak Sukamto, Bu Ika, dkk),
  6. Teman-teman Alumni Pengembang Penilian Pengetahuan Kecamatan Cipayung
  7. Teman-teman Alumni Pengembang Penilian Pengetahuan se-Kota Depok
  8. dan semua yang telah mendukung Lamaso ini yang tidak bisa disebut satu-satu)

Petunjuk:

  1. Silakan Lengkapi data pada form ini.

    Pastikan mengisi email dengan akun gmail. Gunakan akun Gmail ponselmu agar tidak terjadi spam.
  2. Klik tombol Mulai untuk mengerjakan soal latihan
  3. Lamaso akan menampilkan halaman soal dan durasi waktu
  4. Tampilan Durasi Waktu

    Keterangan Durasi Waktu:
    • waktu akan menghitung mundur sesuai dengan durasi yang telah diatur
    • Jika waktu habis, maka halaman soal ini akan ditutup dan menampilkan hasil nilai
    • Jika Kaian sudah yakin selesai sementara waktu masih lama, maka klik selesai untuk menampilkan hasil
  5. Setiap opsi jawaban, dalam bentuk tombol. Pastikan tombol telah menyala untuk opsi jawaban yang telah Kamu pilih.
  6. Setiap jawaban Isian, Kamu isi di teks area yang disediakan kemudian klik tombol Simpan. Pastikan tulisan Belum diisi atau disimpan sudah berganti dengan jawaban isianmu.
  7. Setiap jawaban Isian yang membutuhkan gambar, Klik tombol Edit Poto untuk mengambil gambar hasil pengerjaanmu.

    Pastikan gambar default Tambah Poto telah berganti dengan poto atau gambar kerjaanmu. Pengambilan gambar dengan cara ini dapat mengakses kamera ponselmu atau file Galery yang ada di ponselmu.
  8. Setelah selesai, halaman nilai akan muncul. Di halaman ini, semua hasil nilaimu akan muncul.
  9. Simpan nilaimu dalam bentuk dokumen (pdf) dengan mengeklik tombol Simpan PDF lalu setorkan ke gurumu melalui Whatsapp. Lihat gambar:
  10. Kirim nilaimu ke database lamaso. Pastikan sebelumnya telah mengisi form email dengan akun gmail. Lihat gambar:

    Setelah terkirim, Lamaso akan mengirim respon bahwa nilaimu telah terkirim ke database Lamaso. Seperti ini:
Lamaso, baik dalam lamaso blog maupun Lamas Whatsapp adalah media pembelajaran milik SDN Ratujaya 1. Properti gambar dalam laman ini menggunakan watermark dari web sekolah kami. Harap maklum.

Selamat berkompetisi!
Gmail :
Sekolah :
Kecamatan :  
Nama :
Kelas :
Alokasi Waktu : menit
LAtihan MAndiri Siswa Online
LAMASO

Setelah menge-klik tombol "Mulai mengerjakan" pada isian durasi waktu, tombol soal akan muncul di bawah.
Durasi Penyelesaian 00: 00: 00
PILIHAN GANDA
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan memilih opsi jawaban yang benar!
1
Hasil dari \[ 1.268 + 16 \times 9\] adalah ....
  1. \[1.412\]
  2. \[1.556\]
  3. \[1.628\]
  4. \[1.762\]
2.
Hasil dari \[(460 + ( -72)) \times 35\] adalah ....
  1. \[-13.580\]
  2. \[-18.620\]
  3. \[13.580\]
  4. \[18.620\]
3.
Hasil yang paling sederhana dari \[2,25 \times \frac{4}{20} \div 3\] adalah....
  1. \[ \frac{1}{20}\]
  2. \[ \frac{3}{20}\]
  3. \[ \frac{4}{20}\]
  4. \[ \frac{5}{20}\]
4.
Hasil dari \[16^2 + \sqrt{1764} \] adalah ....
  1. \[2020\]
  2. \[2012\]
  3. \[2040\]
  4. \[2016\]
5.
Seorang pedagang memiliki stok gula putih seberat \[4,5 \space kg\]. Gula itu akan dikemas kedalam plastik ukuran \[0,25 \space kg\]. Banyak plastik yang dibutuhkan adalah ....
  1. \[5\]
  2. \[9\]
  3. \[11\]
  4. \[18\]
6.
Tami memiliki pita dengan panjang \[ \frac{8}{3} \space meter \]. Kemudian ia membeli lagi sepanjang \[ \frac{3}{10} \space meter\]. Setelah digunakan untuk menghias kado, pita tersisa sepanjang \[ \frac{5}{20} \space meter\]. Panjang pita yang digunakan Tami adalah ... meter.
  1. \[ \frac{7}{12}\]
  2. \[ \frac{14}{24}\]
  3. \[ \frac{7}{26}\]
  4. \[ \frac{7}{10}\]
7.
Perhatikan pecahan-pecahan berikut:
\[ 1 \frac{3}{8}\] ; \[135\] % ; \[ 1 \frac{3}{4}\] ; \[1,42\]
Urutan dari yang terkecil adalah ....
  1. \[1 \frac{3}{8}\] ; \[135\] % ; \[1,42\] ; \[1 \frac{3}{4}\]
  2. \[135\] % ; \[1 \frac{3}{8}\] ; \[1,42\] ; \[1 \frac{3}{4}\]
  3. \[135\] % ; \[1 \frac{3}{8}\] ; \[1,42\] ; \[1 \frac{3}{4}\]
  4. \[1 \frac{3}{8}\] ; \[1,42\] ; \[1 \frac{3}{4}\] ; \[135\] %
8
Tentukan hasil dari \[2 \frac{1}{5} \times 0,625 \div 25 \]% adalah ....
  1. \[5 \frac{1}{2}\]
  2. \[5 \frac{1}{5}\]
  3. \[5 \frac{3}{4}\]
  4. \[5 \frac{4}{9}\]
9
Pak Dermawan ingin menyumbangkan \[18\] buku majalah, \[48\] buku pelajaran, dan \[72\] buku cerita. Ketiga jenis buku tersebut akan dikemas ke dalam beberapa kantong dengan jumlah dan jenis sama banyak. Berapa kantong yang dibutuhkan Pak Dermawan ....
  1. \[2\]
  2. \[3\]
  3. \[4\]
  4. \[6\]
10
Nusa pergi ke perpustakaan setiap \[3\] hari sekali, Rara setiap \[5\] hari sekali.Pada hari Sabtu mereka pergi ke perpustakaan bersama-sama untuk pertama kali. Mereka akan pergi ke perpustakaan bersama untuk kedua kalinya pada hari ....
  1. Sabtu
  2. Minggu
  3. Senin
  4. Selasa
11
Ibu memiliki persediaan terigu sebanyak \[3,725 \space kg\], kemudian membeli lagi \[2 \frac{3}{4} \space kg\]. Digunakan untuk membuat kue sebanyak \[4 \space \frac{2}{3} \space kg\]. Persediaan terigu yang tersisa adalah ...
  1. \[3 \frac{5}{9} \space kg.\]
  2. \[2 \frac{15}{21} \space kg.\]
  3. \[1 \frac{17}{24} \space kg.\]
  4. \[1 \frac{4}{9} \space kg.\]
12
Rangga memiliki \[2\ \space kaleng\] susu, masing-masing kaleng berisi \[1,2 \space liter\]. Susu tersebut dimasukan ke dalam \[12 \space gelas \]. Setiap gelas berisi susu sebanyak ....
  1. \[ \frac{1}{5} \space liter \]
  2. \[ \frac{1}{4} \space liter \]
  3. \[ \frac{1}{3} \space liter \]
  4. \[ \frac{1}{2} \space liter \]
13
Pak Amir memiliki sebuah kebun berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang \[150 \space m\] dan lebar \[70 \space m\]. Pak Amir akan memagari sekeliling kebunnya dengan kawat. Pak Amir membutuhkan kawat sepanjang ….
  1. \[440 \space m\]
  2. \[450 \space m\]
  3. \[470 \space m\]
  4. \[530 \space m\]
14
Ali berangkat sekolah pukul 06.29 mengendarai sepeda dengan kecepatan rata-rata \[20 \space km/jam\]. Jika jarak rumah Ali dengan sekolah \[4 \space km\], maka Ali akan tiba di sekolah pukul ....
  1. 06.34
  2. 06.39
  3. 06.41
  4. 06.49
15
Tinggi tiang bendera pada sebuah gambar adalah \[10 \space cm\], sedangkan tinggi sebenarnya adalah \[17 \space meter\]. Skala pada gambar adalah ....
  1. 1 : 17
  2. 1 : 170
  3. 1 : 1.700
  4. 1 : 17.000
16
Perhatikan bangun berikut!

Volume bagian tabung yang diarsir adalah ...
  1. \[3.168 \space liter.\]
  2. \[1.584 \space liter.\]
  3. \[1.056 \space liter.\]
  4.     \[792 \space liter.\]
17
Perhatikan tabel berikut!
Nama BuahBerat
Duku \[750 \space gram\]
Jeruk \[9 \space ons\]
Melon \[1,6 \space kg\]
Apel \[500 \space gram\]
Taksiran berat seluruh buah adalah ....
  1. \[3 \space kg\]
  2. \[4 \space kg\]
  3. \[5 \space kg\]
  4. \[6 \space kg\]
18
Sebuah aquarium berbentuk kubus dengan volume \[343 \space cm^3\], maka panjang sisi kubus adalah ... .
  1. \[7 \space cm\]
  2. \[8 \space cm\]
  3. \[9 \space cm\]
  4. \[10 \space cm\]
19
Perhatikan gambar berikut ini!

Keliling bangun tersebut adalah ....
  1. \[40 \space cm\]
  2. \[50 \space cm\]
  3. \[60 \space cm\]
  4. \[70 \space cm\]
20
Hasil dari \[ \sqrt{625}\] adalah ....
  1. \[25\]
  2. \[30\]
  3. \[35\]
  4. \[40\]
21
Jarak kota A dan B adalah \[210 \space km\]. Sebuah bus berangkat dari kota A pukul 08.00 WIB dan tiba di kota B pukul 11.00 WIB, kecepatan rata-rata bus itu adalah ....
  1. \[70 \space km/jam\]
  2. \[210 \space km/jam\]
  3. \[280 \space km/jam\]
  4. \[630 \space km/jam\]
22
Sebuah bak mandi jika diisi air sampai penuh dengan volume \[9000 \space liter\] dalam waktu 3 jam, maka debit air ...
  1. \[20 \space liter/menit.\]
  2. \[30 \space liter/menit.\]
  3. \[40 \space liter/menit.\]
  4. \[50 \space liter/menit.\]
23
Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
  1. Mempunyai empat sudut siku-siku
  2. Mempunyai empat sisi sama panjang
  3. Kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus
  4. Mempunyai dua simetri lipat
Sifat-sifat bangun datar persegi ditunjukkan oleh ....
  1. (i), (ii), dan (iv)
  2. (i) , (ii), dan (iii)
  3. (i), (iii), dan (iv)
  4. (ii), (iii), dan (iv)
24
Perhatikan bangun ruang berikut!

Persamaan ciri kedua bangun tersebut adalah ....
  1. memilki jumlah sudut yang sama
  2. memiliki jumlah rusuk yang sama
  3. memiliki sepasang sisi yang sejajar
  4. memiliki jumlah sisi yang sama
25
Perhatikan tabel berikut! Data Jumlah Pengunjung Alun-alun Kota selama 5 hari
No Hari Jumlah pengunjung
1Senin 3.000
2 Selasa 2.500
3Rabu 4.050
4 Kamis ...
5Jumat1.000
Jika seluruh jumlah pengunjung adalah 12.000 orang, maka pengunjung pada hari Kamis adalah ....
  1. 1.440
  2. 1.450
  3. 1.460
  4. 1.470
26
Perhatikan hasil penimbangan 40 anak siswa kelas 6 sebagai berikut
NoBerat badan
(dalam Kg)
Banyak siswa
12711
2299
3307
4325
5348
Modus dari data tersebut adalah...
  1. 27 kg
  2. 29 kg
  3. 34 kg
  4. 30 kg
27
Data hasil pengukuran berat badan siswa kelas 3 (dalam kg) sebagai berikut :
27 , 26 , 26 , 25 , 22
28 , 24 , 27 , 26 , 26
30 , 24 , 24 , 27 , 30
29 , 40 , 27 , 25 , 24
Median data di atas adalah....
  1. 40
  2. 30
  3. 28
  4. 26
28
Diagram Jumlah Pasien Puskesmas Melati

Selisih data tertinggi dan terendah pada diagram yang disajikan adalah ....
  1. 60
  2. 70
  3. 80
  4. 90
29
Berikut adalah data produksi boneka dari sebuah Pabrik Boneka selama seminggu :
HariJumlah Produksi
Senin164
Selasa170
Rabu190
Kamis175
Jumat174
Sabtu185
Minggu188
Jumlah produksi di atas rata-rata terjadi pada hari ....
  1. Selasa
  2. Rabu
  3. Kamis
  4. Jumat
30
Pada ulangan Matematika yang diikuti oleh 20 siswa diperoleh rata-rata 73,5. Setelah 1 orang siswa mengikuti ulangan susulan, nilai rata-rata berubah menjadi 73. Perolehan nilai ulangan 1 orang siswa susulan adalah ….
  1. 60
  2. 61
  3. 63
  4. 65
ISIAN
Lengkapi jawabanmu di teks area. Jika membutuhkan gambar, unggah (upload) hasil pekerjaanmu dalam bentuk poto di fitur Tambah Poto
31
Rayyan pergi berenang setiap 5 hari sekali,Almer berenang setiap 6 hari sekali dan Razan setiap 8 hari sekali.Jika mereka pergi berenang bersama pada tanggal15 januari,2020 tanggal berapa mereka akan pergi berenang bersama?



jawabanku: Belum diisi atau disimpan
image preview1

32
Aminah akan mengemas 30 permen dan 26 coklat ke dalam beberapa kotak. Setiap kotak berisi jenis dan jumlah yang sama.
  1. Berapa kotak yang di butuhkan Aminah?
  2. Berapa jumlah permen dan coklat dalam setiap kotak?




jawabanku: Belum diisi atau disimpan
image preview2

33
Perhatikan denah taman milik Pak Ali di bawah ini!

Pak Ali menginginkan sekeliling taman milikinya ditanami pohon mangga. Jarak antarpohon mangga adalah 3 meter, maka berapa banyak pohon mangga yang harus Pak Ali siapkan?



jawabanku: Belum diisi atau disimpan
image preview3

34
Diketahui jadwal keberangkatan bus di Terminal Jatijajar Kota Depok dengan tujuan Subang (Jarak tempuh= 150 Km) disajikan dalam tabel berikut ini:
Nama BusJam KeberangkatanRata-rata Kecepatan
Alon Angger 05.45 60 Km/Jam
Seket Jaya06.0050 Km/Jam
Tulimo PO06.3075 Km/Jam
Jika Budi ingin tiba di Terminal Subang tepat pukul 08.15 WIB, maka Bus manakah yang harus dipilih Budi? Berikan Alasanmu?



jawabanku: Belum diisi atau disimpan
image preview4


35
Bagus mendata jumlah kelereng yang dimiliki oleh teman-temannya. Bagus mendapatkan data berikut ini:
9, 9, 6, 7, 7, 8, 5, 5, 8, 6, 7, 7, 7,9, 7, 7, 6, 6, 8, 6.
  1. Berapa jumlah kelereng yang sering Bagus temukan dalam mendata?
  2. Berapa rata-rata jumlah kelereng yang dimiliki teman-teman Bagus?




jawabanku: Belum diisi atau disimpan
image preview5


LAMASO KURIKULUM 2013

KOMPETISI MATEMATIKA CEGAH COVID-19


Nama Siswa :
Mata Ujian :
Nilai : 00 untuk Pilihan Ganda

Untuk Isian (Validasi Gurumu)

Diselesaikan pada : Waktu Selesai Mengerjakan
Daftar Jawaban:
Jumlah Tugas:

Tugas 1:Poto Jawaban No. 31

Tugas 2:Poto Jawaban No. 32

Tugas 3:Poto Jawaban No. 33

Tugas 3:Poto Jawaban No. 34

Tugas 3:Poto Jawaban No. 35


Jumlah soal PG :

Jumlah Soal sudah dijawab :

Jumlah Soal belum dijawab :


Pilihan dijawab:


Jawaban Isian:

Simpan hasil nilai ini dalam bentuk pdf, lalu kirimkan ke WA Gurumu.


Kirim Nilai ke Database Lamaso

Selamat ya, Kamu berhasil mendapatkan nilai yang bagus. Ayo segera kirimkan nilai Kamu ke Lamaso. Daftarkan nilaimu untuk dikompetisikan bersama siswa-siswa lain.

Kirim nilaimu di sini:

Hasil nilaimu akan langsung otomatis terkirim ke database Lamaso. Pengumuman hasil seluruh nilai peserta kompitisi ini dapat Kamu tanyakan ke guru kelasmu. Kami sudah memberitahukan kepada pengawas binaan masing-masing (Khusus Kota Depok). Pengumuman umumnya, Kami akan posting di blog lamasoblog.blosgpot.com atau diposting di web www.sdnratujaya1.net

Halaman Utama

Latihan Soal

Pembahasan Soal

Tentang Lamaso


Halaman Utama

Latihan Soal

Pembahasan Soal

Tentang Lamaso

LAMASO KURIKULUM 2013

Tentang LAMASO


Assalamualikum Warohmatullahi Wabarokaatuh ...

LAMASO adalah singkatan dari LAtihan MAndiri Siswa Online. Lamaso sendiri dapat diartikan sebagai suatu aplikasi yang digunakan untuk belajar secara mandiri oleh siswa dengan perantara jaringan untuk mengaksesnya. LAMASO dapat dijalankan di perangkat-perangkat elektronik semisal Komputer, Laptop, Smartphone, hingga Handphone.

LAMASO berekstensi *html sehingga file berekstensi jenis ini dapat dijalankan oleh aplikasi peramban (browser) yang ada di hampir semua jenis perangkat elektronik. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Tinggal buka file-nya lalu dijalankan dengan peramban yang ada di perangkat elektronik yang kita miliki.

Sesuai dengan namanya, LAMASO adalah media sebagai latihan mandiri. Sejenis LKS (Lembar Kerja Siswa) versi cetak, LAMASO adalah versi daring (dalam jaringan)/online dari LKS. Keunggulan LAMASO dibanding LKS tidak hanya menitikberatkan pada kepraktisan dan kemudahannya saja, melainkan pada satu kondisi dimana anak didik lebih kita arahkan untuk menggunakan fasilitas internet dengan benar. Nantinya, akan ada salah satu fitur di file LAMASO yang berisikan link-link informasi dalam menunjang materi latihan. Al hasil, LAMASO akan mengarahkan anak didik untuk mengakses informasi-informasi yang bermanfaat saja di internet.

LAMASO yang Anda gunakan saat ini adalah LAMASO versi 2020c. Artinya LAMASO akan terus mengalami pembaharuan sesuai dengan kebutuhan. Fitur-fitur pada Lamaso ini di antaranya unggah poto (dengan gambar atau kamera HP), Game, memuat tulisan Arab, video, pembahasan dan lain-lain yang ada pada LAMASO yang Anda gunakan.

Tentang Pembuat


Nama : Ade Andriansyah, S.Pd.SD

NIP : 19870710 201903 1 002

Tempat tugas : SDN Ratujaya 1-Kota Depok

Situs : www.sdnratujaya1.net

Info penerapan Lamaso:Mengenal Lamaso, Media Pembelajaran online yang diterapkan di SDN Ratujaya 1
Wassalamualaikum.

Halaman Utama

Latihan Soal

Tentang Lamaso

Komentar