Lamaso Bahasa Indonesia US SD dalam Rangka Belajar #DiRumahAja: Kompetisi Lamaso Bagian 3

Lamaso versi 2020c

KOMPETISI LAMASO BAHASA INDONESIA CEGAH COVID-19
(#DiRumahAja)

Bahasa Indonesia Ujian SD
Halo, sobat Lamaso ...,

Masih tetap di rumah kan? Semoga keadaan Indonesia semakin membaik ya.... Dan Kalian wajib menjaga kesehatan dan #DiRumahAja.

Nah, untuk membantu proses belajar di rumahmu, Kami bekerja sama dengan Tim Pengembang Kurikulum Kota Depok - Jawa Barat, mengadakan kompetisi Lamaso Bahasa Indonesia.

Lamaso akan mengadakan 3 mata pelajaran yang dikompetisikan. Yaitu Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia. Lamaso yang sekarang Kalian gunakan adalah bagian ketiga, mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kompetisi bertujuan untuk mengetahui kemampuanmu dalam menghadapi Ujian Sekolah. Meski tahun pelajaran sekarang Ujian Sekolah di tingkat SD ditiadakan, Lamaso akan memfasilitasi Kalian untuk mencoba kemampuanmu dalam menjawab soal ujian.

Andaikan Ujian Sekolah tetap dilaksanakan dan Kalian adalah pesertanya. Tentu kalian ingin mengetahui nilai akhirnya. Kalian ingin tahu peringkat Kalian dalam menghadapi Ujian Sekolah. Untuk itulah Lamaso mencoba hadir untuk itu.

Kalian akan berkompetisi dengan teman-teman kalian. Baik dalam satu sekolah, luar sekolah, antarsiswa SD se-Kota Depok, bahkan pesertanya bisa dari luar Kota Depok, loh ....

Kok bisa?

Bisa dong. Lamaso kini, hadir dengan penambahan fitur baru. Nilai kamu bisa langsung otomatis masuk ke Database Lamaso. Kamu bisa melihat hasil peringkat Kamu setelah mengerjakannya.

Bagi sekolah di lingkungan Kota Depok, database hasil nilai ini dapat menghubungi pengawas binaan masing-masing. Di sana, Bapak-Ibu guru dapat melihat skor nilai putra-putranya.

Kami mengucapkan terima kasih kepada:
  1. Kepala Sekolah UPTD SDN Ratujaya 1 Kec. Cipayung, Bapak Ahmad Sadeli
  2. Koordinator Tim Pengembang Kurikulum Kota Depok,, Bunda Hj. Ijah Sopiah,
  3. Pengawas binaan kami, Bapak Asmat Umar dan Bapak Bahrudin,
  4. Koordinator pengawas Kota Depok
  5. TPK Matematika (Bunda Safiah Zuhra, Pak Fajri, Pak Sukamto, Bu Ika, dkk)
  6. TPK IPA Kota Depok (Pak Arwin, dkk)
  7. TPK Bahasa Indonesia Kota Depok
  8. Teman-teman Alumni Pengembang Penilian Pengetahuan Kecamatan Cipayung
  9. Teman-teman Alumni Pengembang Penilian Pengetahuan se-Kota Depok
  10. dan semua yang telah mendukung Lamaso ini yang tidak bisa disebut satu-satu)

Petunjuk:

  1. Silakan Lengkapi data pada form ini.

    Pastikan mengisi email dengan akun gmail. Gunakan akun Gmail ponselmu agar tidak terjadi spam.
  2. Klik tombol Mulai untuk mengerjakan soal latihan
  3. Lamaso akan menampilkan halaman soal dan durasi waktu
  4. Tampilan Durasi Waktu

    Keterangan Durasi Waktu:
    • waktu akan menghitung mundur sesuai dengan durasi yang telah diatur
    • Jika waktu habis, maka halaman soal ini akan ditutup dan menampilkan hasil nilai
    • Jika Kaian sudah yakin selesai sementara waktu masih lama, maka klik selesai untuk menampilkan hasil
  5. Setiap opsi jawaban, dalam bentuk tombol. Pastikan tombol telah menyala untuk opsi jawaban yang telah Kamu pilih.
  6. Setiap jawaban Isian, Kamu isi di teks area yang disediakan kemudian klik tombol Simpan. Pastikan tulisan Belum diisi atau disimpan sudah berganti dengan jawaban isianmu.
  7. Setiap jawaban Isian yang membutuhkan gambar, Klik tombol Edit Poto untuk mengambil gambar hasil pengerjaanmu.

    Pastikan gambar default Tambah Poto telah berganti dengan poto atau gambar kerjaanmu. Pengambilan gambar dengan cara ini dapat mengakses kamera ponselmu atau file Galery yang ada di ponselmu.
  8. Setelah selesai, halaman nilai akan muncul. Di halaman ini, semua hasil nilaimu akan muncul.
  9. Simpan nilaimu dalam bentuk dokumen (pdf) dengan mengeklik tombol Simpan PDF lalu setorkan ke gurumu melalui Whatsapp. Lihat gambar:
  10. Kirim nilaimu ke database lamaso. Pastikan sebelumnya telah mengisi form email dengan akun gmail. Lihat gambar:

    Setelah terkirim, Lamaso akan mengirim respon bahwa nilaimu telah terkirim ke database Lamaso. Seperti ini:
Lamaso, baik dalam lamaso blog maupun Lamas Whatsapp adalah media pembelajaran milik SDN Ratujaya 1. Properti gambar dalam laman ini menggunakan watermark dari web sekolah kami. Harap maklum.

Selamat berkompetisi!
Gmail :
Sekolah :
Kecamatan :
Nama :
Kelas :
Alokasi Waktu : menit
LAtihan MAndiri Siswa Online
LAMASO

Setelah menge-klik tombol "Mulai mengerjakan" pada isian durasi waktu, tombol soal akan muncul di bawah.
Durasi Penyelesaian 00: 00: 00
PILIHAN GANDA
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan memilih opsi jawaban yang benar!
1
Cermati bacaan berikut!
Sampah plastik sangat berbahaya jika dibuang sembarangan. Sampah plastik tidak dapat diuraikan sehingga tidak bisa membusuk. Jika terbawa oleh air sungai akan mengganggu ekosistem. Banyak makhluk hidup yang mati karena pengaruh sampah plastik.
Ide pokok bacaan tersebut adalah ....
  1. Sampah plastik tidak dapat diurai oleh alam
  2. Sampah yang dibuang secara sembarangan
  3. Dampak membuang sampah sembarangan
  4. Sampah mengganggu ekosistem di sungai
2.
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Rahman anak yang rajin belajar. Saat sekolah ia banyak menghabiskan waktunya di perpustakaan. Usai sekolah pun, masih mengikuti berbagai macam les daripada bermain bersama teman-temannya. Bahkan di hari libur pun ia lebih terlihat membaca buku di taman dekat rumahnya.
Gagasan pendukung teks tersebut adalah ....
  1. Rahman jarang-jarang ke perpustakaan sekolah
  2. Rahman jarang mengikuti les sepulang sekolah
  3. Rahman suka membaca buku meskipun hari libur
  4. Rahman suka bermain bersama teman-temannya
3.
Perhatikan teks berikut!
Upaya pelestarian lingkungan daratan, salah satunya adalah dengan cara rotasi tanaman. Rotasi tanaman baik secara tumpangsari maupun tumpanggilir, agar unsur-unsur hara dan kandungan organik tanah tidak selamanya dikonsumsi oleh satu jenis tanaman.
Makna kata tumpangsari pada teks tersebut adalah….
  1. Menanam satu jenis tanaman dengan membentuk barisan pada salah satu bidang tanah
  2. Menanam dua jenis tanaman atau lebih serentak, berbaris, berseling pada satu bidang
  3. Menanam tiga tanaman atau lebih secara lurus dan berseling pada satu bidang tanah
  4. Menanam banyak tanaman yang kita inginkan dengan jarak tanam yang berdekatan
4.
Perhatikan bacaan berikut!
Perairan Indonesia memiliki terumbu karang yang paling kaya di dunia. Hewan-hewan yang hidup di dalamnya pun luar biasa cantik dan beragam. Itulah alasan banyak orang baik dalam negeri maupun mancanegara sangat suka berkunjung untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah laut Indonesia.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
  1. Perairan Indonesia memiliki terumbu karang yang paling lengkap di dunia
  2. Perairan Indonesia memiliki terumbu karang yang paling bagus di dunia
  3. Perairan Indonesia memiliki terumbu karang yang paling indah di dunia
  4. Perairan Indonesia memiliki terumbu karang yang paling kaya di dunia
5.
Bacalah dengan cermat teks berikut!
Di Sangihe, Sulawesi Utara, ada burung yang disebut burung kacamata. Burung kacamata endermik di Sangihe. Burung ini disebut burung kacamata karena memiliki lingkaran berwarna putih di sekeliling mata hitamnya. Lingkaran ini membuatnya seperti sedang mengenakan kacamata.
Isi teks tersebut adalah ....
  1. Burung kacamata sangat unik dan menarik untuk kita miliki
  2. Burung kacamata memiliki lingkaran hitam di sekitar matanya
  3. Burung kacamata di hutan Sangihe memakai kacamata hitam
  4. Burung kacamata hanya hidup di hutan Sangihe, Sulawesi Utara
6.
Perhatikan teks wawancara berikut!
Anak:Selamat siang, Pak. Saya Anisa, Boleh meminta waktunya sebentar?
Pedagang : Oh, iya Dik, boleh, ada apa ya?
Anak:Saya dari SD Milenial mendapatkan tugas untuk mewawancarai pedagang buah sebagai narasumber.
Pedagang:Silakan Dik, mau tanya apa ya?
Pedagang:Bapak mulai jualan pagi sekitar pukul 07.00 dan tutup sampai sore pukul17.00, setiap hari
Anak: (...............................)
Pedagang:Banyak sih Dik, ada mangga, jeruk, apel dan satu lagi yang paling laris itu matoa.
Anak:Buah Matoa itu seperti apa, Pak?
Pedagang: Matoa itu buah dari Papua, berbentuk bulatan kecil berwarna hijau. Bila kulitnya dikupas, sepintas buah ini terlihat seperti kelengkeng. Akan tetapi, rasanya manis mirip dengan durian. Sedangkan untuk tekstur buah tergantung dari jenis matoa itu sendiri.
Anak:Wah kalau begitu bisa Anisa beli, Pak, sekalian minta izin pamit. Terimakasih Pak untuk meluangkan waktunya diwawancarai
Pedagang:Silakan Dik, Alhamdulillah, sama sama
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks wawancara tersebut adalah .....
  1. Apa saja jenis buah yang paling laku, Pak?
  2. Mengapa Bapak menjual buah-buahan ?
  3. Sejak kapan Bapak berjualan buah-buahan ?
  4. Mengapa buah matoa paling laris dan dicari ?
7.
Cermati paragraf berikut!

BANJIR BANDANG

Penyebab utama banjir bandang adalah terjadinya proses orografi. Hujan orografis adalah hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air dan bergerak secara horizontal. Kemudian angin tersebut naik menuju pegunungan, suhu udara di pegunungan yang dingin menyebabkan kondensasi dan akhirya terjadi hujan di sekitar pegunungan. Karena curah hujan yang deras, akhirnya mengakibatkan banjir bandang yang terjadi di daerah-daerah sepanjang aliran sungai.
Informasi yang diperoleh dari paragraf tersebut adalah....
  1. Suhu di pegunungan sangat dingin
  2. Banjir bandang terjadi di daerah-daerah
  3. Angin dan uap air bergerak horizontal
  4. Penyebab terjadinya banjir bandang
8
Cermati teks berikut !

Kucing

Kucing adalah hewan yang dikenal jinak dan akrab dengan manusia. Terbukti dengan beberapa jenisnya yang menjadi peliharaan bagi banyak orang. Kucing biasanya dipelihara sebagai hewan peliharaan dan juga sebagai musuh alami tikus. Kucing dapat dibedakan menjadi kucing liar dan kucing peliharaan.

Di lingkunganya, kucing liar hidup di hutan. Berbeda dengan kucing liar, kucing peliharaan sudah beradaptasi dengan lingkungan rumah dan berbaur dengan manusia. Kucing peliharaan bisa menjadi teman bermain saat waktu senggang. Beberapa orang yang memelihara kucing juga seringkali membuatkan beberapa sarana bermain untuk hewan kesayangannya.

Di lingkunganya, kucing liar hidup di hutan. Berbeda dengan kucing liar, kucing peliharaan sudah beradaptasi dengan lingkungan rumah dan berbaur dengan manusia. Kucing peliharaan bisa menjadi teman bermain saat waktu senggang. Beberapa orang yang memelihara kucing juga seringkali membuatkan beberapa sarana bermain untuk hewan kesayangannya.

Kucing tergolong hewan karnivora, yang cenderung bersifat predator. Salah satu makanan kesukaan kucing adalah tikus rumah. Kucing juga merupakan hewan yang aktif mencari makan di malam hari (nokturnal). Maka dari itu tak jarang kucing tidur dan bermalas-malasan di siang hari. Kucing peliharaan biasanya diberi makanan khusus yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.
Informasi tersurat pada teks tersebut adalah...
  1. Kucing peliharaaan bisa menjadi teman bermain saat waktu senggang
  2. Kucing tergolong hewan karnifora yang cenderung bersifat predator
  3. Kucing terbukti banyak dipelihara sebagai binatang kesayangan
  4. Kucing peliharaan biasanya diberi makanan khusus yang bernutrisi
9
Perhatikan bacaan berikut !

Ki Hajar Dewantara

Nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat sejak 1922 menjadi Ki Hajar Dewantara. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, lembaga pendidikan yang memperjuangkan pribumi jelata dapat memperoleh hak pendidikan seperti para priyayi dan orang-orang Belanda.

Nama Ki Hajar Dewantara identik dengan dunia pendidikan Indonesia. Bahkan, tanggal kelahirannya 2 Mei pun diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Sampai saat ini, semboyan ciptaannya, yaitu Tut Wuri Handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.

Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889. Ia meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada usia 69 tahun. Karena jasa-jasanya, kemudian dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno, dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.
Pertanyaan yang sesuai dengan bacaan tersebut adalah ....
  1. Kapan Presiden Republik Indonesia, Soekarno dilahirkan ?
  2. Apa semboyan yang diciptakan oleh Ki Hajar Dewantara ?
  3. Siapa Menteri Pendidikan Nasional Indonesia saat itu?
  4. Bagaimana Yogyakarta saat Ki Hajar Dewantara lahir ?
10
Bacalah!
Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena faktor alam dan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi, sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan air pasang. Penyebab banjir karena manusia adalah adanya perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
Apa yang dilakukan manusia sehingga menyebabkan banjir ?
  1. Mengubah tata guna lahan, pembuangan sampah,dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
  2. Fenomena alam yang bersumber dari curah hujan tinggi dan durasi lama pada (DAS).
  3. Erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai.
  4. Curah hujan, erosi, kapasitas sungai, dan kawasan padat penduduk di sepanjang sungai.
11
Perhatikan teks berikut!
Gotong-royong merupakan kegiatan yang dilakukan banyak orang secara bersama-sama agar cepat selesai. Biasanya kegiatan yang sering dilakukan secara gotong-royong adalah membersihkan lingkungan, masjid atau tempat ibadah lainnya. Di Indonesia, gotong-royong sudah menjadi budaya yang sangat melekat. Ketika mengerjakan sesuatu yang sulit dikerjakan sendiri pasti akan ada gotong-royong. Sangat diharapkan gotong-royong akan selalu ada dan tidak luntur akibat datangnya budaya lain. Gotong-royong membawa banyak manfaat. Selain cepat selesai, pekerjaan juga terasa lebih mudah dilakukan.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah….
  1. Gotong-royong biasanya dilakukan oleh banyak orang agar pekerjaan cepat selesai
  2. Gotong-royong sudah menjadi budaya internasional yang sudah sangat melekat
  3. Gotong-royong dilakukan oleh banyak orang, sehingga menjadi merepotkan
  4. Gotong-royong akan terjadi apabila dapat menguntungkan seseorang saja
12
Cermati bacaan berikut!
Beberapa hari belakangan kita disuguhi satu fenomena kesehatan yang mencemaskan. Media massa, termasuk linimasa media sosial sedang banyak mengulas perihal infeksi Corona Virus. Penyakit virus yang dinamai para ilmuwan sebagai Novel Coronavirus ini dikenal juga sebagai flu wuhan. WHO telah merilis status infeksi virus 2019-nCov ini sebagai fenomena Kejadian Luar Biasa guna meningkatkan kewaspadaan tingkat global. Angka kejadian penyakit ini terus dilaporkan perkembangaannya dan sejauh ini kasus terkonfirmasi terbanyak ada di Cina.
Pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan tersebut adalah ....
  1. Fenomena kesehatan yang mencemaskan warga dikenal sebagai Flu Burung
  2. Fenomena kesehatan yang mencemaskan dikenal juga sebagai flu Wuhan
  3. Media massa sangat sedikit mengulas perihal bahaya infeksi virus Corona
  4. UNICEF telah merilis status infeksi virus 2019-nCov sebagai fenomena KLB
13
Perhatikan gambar berikut!

Kalimat iklan yang sesuai dengan gambar tersebut adalah ....
  1. Minum Paravitamol, demam segera hilang!
  2. Paravitamol mudah didapat di warung obat!
  3. Paravitamol obat manjur penemuan para ahli!
  4. Apapun penyakitnya Paravitamol obatnya!
14
Perhatikan cuplikan pidato berikut!
. . . .

Minuman yang mengandung pengawet akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Jika dikonsumsi secara terus-menerus mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh, seperti hati, paru-paru dan lain-lain.
Kalimat pembuka yang tepat pada pidato tersebut adalah ....
  1. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bahaya minuman berpengawet
  2. Pada kesempatan ini saya bertanya makanan berpengawet apakah berbahaya
  3. Pada kesempatan ini saya yakin kita sering meminum minuman berpengawet
  4. Pada kesempatan ini, saya yakin maksud berpengawet itu adalah makanan
15
Perhatikan teks berikut!
Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 silam yang menggunakan media tabung vakum sebagai komponen dasarnya. Tabung vakum sendiri merupakan sebuah material yang sangat cepat menghantarkan panas sehingga ini dinilai kurang efektif jika digunakan pada masa sekarang. Berat komputer generasi pertama ternyata mencapai hingga 30 ton dan bahkan menggunakan 18 ribu tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi per tabungnya. Komputer pertama ini bernama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer yang diciptakan oleh Mauchly dan Echert.
Berdasarkan teks tersebut, kalimat tanya yang tepat adalah...
  1. Mengapa sekarang tabung vakum tidak efektif?
  2. Bagaimana penggunaan tabung vakum itu?
  3. Di mana komputer pertama kali ditemukan?
  4. Kapan komputer generasi pertama dibuat?
16
Cermati bacaan berikut!
Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia, Jakarta. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada tanah air Indonesia, Bangsa Indonesia, dan Bahasa Indonesia. Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia dan agar disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan. Istilah sumpah pemuda sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda.
Apakah yang ditegaskan dalam keputusan kongres pemuda kedua pada bacaan tersebut?
  1. Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda kedua pada 27-28 Oktober 1928
  2. Menegaskan cita-cita tanah air Indonesia, Bangsa Indonesia, dan Bahasa Indonesia
  3. Keputusan ini menegaskan mencerdaskan kehidupan bangsa, dan perdamaian dunia
  4. Keputusan ini diharapkan menjadi asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia
17
Perhatikan pantun berikut!
Berolahraga di Taman Pijar
Nampak di atas ada burung elang
Kita haruslah rajin belajar
Untuk masa depan yang cemerlang
Amanat sesuai pantun tersebut adalah ....
  1. Dengan berolahraga kita bisa manjadi pintar
  2. Berolahraga harus dilakukan di Taman Pijar
  3. Masa depan dapat diraih dengan berolahraga
  4. Masa depan dapat diraih dengan semangat belajar
18
Perhatikan puisi berikut!

Puisi 1

Di tepi pantai
Kupejamkan mata
Lelah tak tahu harus berbuat apa
Tergeletak di hamparan pasir
Dihiasi dengan ribuan sampah yang tersebar Hanya bisa terdiam dan merenung

Puisi 2

Kubiarkan kakiku dihempas air
Aku tetap berdiri di atas hamparan pasir
Tatapan mataku jauh tak berujung
Melihat hamparan air yang sebentar mendekat, sebentar menjauh
Indah kulihat membawa jiwa ini tenang, damai
Perbedaan isi puisi 1 dengan puisi 2 adalah ....
  1. Puisi I berisi tentang keindahan laut, puisi II berisi tentang tercemarnya laut
  2. Puisi I berisi tentang keindahan alam, puisi II berisi tentang keindahan laut
  3. Puisi I berisi tentang pencemaran laut, puisi II berisi tentang keindahan laut
  4. Puisi I berisi tentang ketenangan laut, puisi II berisi tentang sampah di laut
19
Perhatikan teks berikut !

Teks 1 :

Ibu kau mengandungku selama 9 bulan. Sampai engkau melahirkanku dengan susah payah. Engkau merawatku sampai aku tumbuh besar dan merawatku tanpa pamrih serta penuh kasih sayang.

Ibu kau mengajariku hingga aku bisa berjalan dan berbicara. Ibu kau bagaikan malaikat untukku. Dikala aku sedih engkau selalu ada untuk menghiburku. Ibu aku juga merasa kau adalah pahlawanku. Kau bekerja keras untuk menafkahiku. Terima kasih, pengorbananmu yang telah kau berikan padaku selama ini.

Teks 2 :

Oh bapak/ibu guruku. Betapa besar jasamu kepada kami. Walaupun semua orang mengatakan kau adalah pahlawan tanpa tanda jasa dipundakmu. Kau tetap mengajarkan kami berbagai ilmu. Demi masa depan kami di dunia dan bangsa negara kami
Perbedaan teks 1 dan teks 2 tersebut adalah ....
  1. Teks 1 bertema kasih sayang, pengorbanan ibu, sedangkan teks 2 bertema besarnya jasa guru
  2. Teks 1 bertema kebaikan ibu terhadap anaknya dan teks 2 bertema sekolah tempat belajar
  3. Teks 1 dan teks 2 bertema kasih sayang dan pengorbanan orang tua terhadap anak-anaknya
  4. Teks 1 bertema kasih sayang orang tua dan teks 2 perjuangan guru mengajari muridnya
Bacalah puisi berikut dengan cermat untuk menjawab soal no. 20 dan 21 !

Persahabatan

Kidung burung-burung merdulah
Pernik-pernik embun beninglah
Saat persahabatan tersemai indah
Merias hati musim demi musim

Karena persahabatan adalah keyakinan sejati
Membimbing hati mencapai hening
Bermekaran bunga-bunga persahabatan taman peradaban
Persahabatan pun mulia karena kebersamaan
20
Puisi tersebut berisi tentang...
  1. Kebaikan antar sesama
  2. Persahabatan yang indah
  3. Menyayangi sesama
  4. Indahnya perbedaan
21
Amanat yang terkandung pada puisi tersebut adalah ....
  1. Mari mencari teman sebanyak-banyaknya
  2. Suka duka dalam persahabatan adalah hal yang wajar sudah biasa
  3. Persahabatan itu keyakinan untuk dijaga agar tercipta kebersamaan
  4. Persahabatan itu membosankan, tidak menyenangkan
22
Bacalah cerita berikut !
. . . .

Suatu hari Empu Wisesa menguji kedua muridnya itu untuk bisa memadamkan lahar panas Tangkuban Perahu. Jaka merasa hal itu mustahil, sehingga ia memilih pergi mencari kehidupannya sendiri. Sementara Wira berfikir keras mencari tahu bagaimana cara memenuhi permintaan gurunya. Dengan tekun ia setiap hari mengitari cekungan luas yang terbentuk oleh lahar panas tersebut. Dia tahu hanya air yang bisa mengalahkan api, tapi dari mana ia dapat mendapatkan air sebanyak itu.

Pada suatu hari ia melihat berang-berang sedang membuat bendungan dari ranting-ranting pohon. “Wah, bagaimana kalau aku membendung sungai Citarum sehingga airnya bisa memadamkan lahar panas” pikirnya dalam hati.

. . . .

Setelah bertahun-tahun, bendungan yang dibuat Wira runtuh dan, air danau mengering. Tanahnya subur, semua penduduk diajak pindah ke sana. Dan namanya menjadi Bandung dari asal mula kata bendung.
Tokoh utama cerita tersebut adalah...
  1. Empu Wisesa
  2. Jaka
  3. Wira
  4. Jaka dan Wira
23
Perhatikan cerita berikut!

RUSA DAN ANJING

Konon, pada jaman dahulu kala, rusa tidak mempunyai tanduk. Justru anjinglah yang mempunyai tanduk panjang dan bercabang-cabang. Pada suatu ketika, musim panas yang sangat panjang tiba, sehingga hampir semua sungai menguap airnya hingga kering. Semua hewan merasa kehausan dan juga kelaparan karena rumput dan tumbuh-tumbuhan lainnya tidak dapat tumbuh.

Ketika si anjing tiba di pinggir sungai, ia melihat rusa jantan dan istrinya. “Hai, rusa! Sedang apa kau di sini?” tegur si anjing kepada rusa jantan sahabatnya.

“Ya, jangan heran. Sekarang ini air kan sangat sulit diperoleh karena kekeringan, dan makanan pun tak ada. Kami pergi mencari kesana kemari hingga akhirnya menemukan air di tempat ini”, jawab rusa jantan. Kemudian mereka semua turun ke sungai untuk minum. Setelah minum, ketiga hewan itu lalu berpencar kembali.
Berdasarkan cerita tersebut, yang berperan sebagai tokoh utama adalah ....
  1. Rusa
  2. Sapi
  3. Anjing
  4. Kelelawar
24
Perhatikan cerita hikayat berikut!

Kelinci Sang Penakluk

Di sebuah hutan, hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari sang singa yang ganas itu membuat peraturan bahwa dia tidak akan berburu di hutan. Sebagai gantinya ada binatang di sekelilingnya yang suka rela menjadi mangsanya.

Pada hari pertama setelah peraturan itu berlaku, datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-engah kelinci itu meminta maaf kepada sang singa. “Maaf sang raja, saya datang terlambat. Ada singa lain yang tadi memburu saya” kata kelinci. Kemudian singa yang ganas itu mengangguk-anggukan kepalanya dan langsung menyahut “Mana singa yang mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga!”. Kelinci pun menjawab “Ya sang raja, dia ada di dalam sumur itu”.

Akhirnya binatang-binatang yang lain pun menjadi lega. Berkat kecerdikan kelinci,sang singa yang ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.
Kesimpulan dari cerita tersebut adalah ...
  1. Singa sang raja hutan yang membuat peraturan baru dikalahkan oleh kelinci cerdik.
  2. Kelinci rela berkorban tapi berkat kecerdikannya, ia dapat mengalahkan singa.
  3. Singa yang tertipu oleh kecerdikan kelinci sehingga ia jatuh ke dalam sumur.
  4. Kelinci mengalahkan singa, karena singa dapat ditipu oleh kecerdikan kelinci.
25
Bacalah cerita berikut!
Di suatu kampung yang damai, hidup sepasang suami istri miskin. Mereka tinggal di gubuk berdinding kulit kayu, beratap rumbia. Sebagian atapnya sudah berlubang. Jika datang hujan, suami istri itu sibuk menambal atap tersebut dengan daun-daun kayu yang besar. Suatu hari keduanya melihat burung yang tergeletak , tubuh burung itu luka , oleh keduanya burung tersebut dibawa pulang dan diobati hingga sembuh. Tak disangka, ternyata burung itu berkata, " Kalian telah menolongku dengan ikhlas. Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari."
Simpulan cerita tersebut adalah ....
  1. Manusia dan burung makhluk ciptaan Tuhan.
  2. Saling menolong memberikan kebahagiaan
  3. Sepasang suami istri senang menerima emas
  4. Burung dapat hidup kembali ke alam bebas
26
Bacalah cerita berikut!
Hampir setiap malam mereka berkumpul dan berpesta, dengan suara kodok yang riuh di danau. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor kodok yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari danau. Tingkah kodok itu sangat aneh, ia malu karena telah kehilangan suaranya
Kebiasaan tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ....
  1. selalu berpesta ria
  2. membagi makanan
  3. hidup menyendiri
  4. senang tak berteman
27
Bacalah cerita berikut!
Dahulu kala, di sebuah Kerajaan Pasundan terdapat dua putri yang sangat cantik, bernama Purbararang dan Purbasari. Sepeninggal raja, sang putri Purbasari dipilih untuk menggantikan kedudukannya, Hal tersebut didengar oleh Purbararang yang iri hati dan berniat ingin mencelakai Purbasari, dengan menemui nenek sihir agar mengutuk Purbasari”, maka seketika itu juga tubuh dan wajah adiknya berubah menjadi berbintik bintik hitam. Keadaan tersebut dijadikan alasan untuk mengusir dan membuangnya ke sebuah hutan, sehingga dalam seketika tahta tersebut beralih ke Purbararang.
Berdasarkan cerita tersebut watak Purbararang dan Purbasari adalah ....
  1. Purbararang berwatak baik dan Purbasari jahat
  2. Purbararang berwatak jahat dan Purbasari baik
  3. Purbararang dan Purbasari sama-sama jahat
  4. Purbararang dan Purbasari sama-sama baik
28
Bacalah cerita berikut!
Di wilayah Sumatera hiduplah seorang petani yang rajin bekerja. Setiap hari bekerja menggarap ladang dan mencari ikan dengan tidak mengenal lelah. Suatu hari petani pergi ke sungai mengail ikan. Sambil menunggu kailnya dimakan ikan, petani tersebut berdoa,“Ya Alloh, semoga aku dapat ikan banyak hari ini”. Nampak kailnya bergoyang-goyang. Ia segera menarik kail dan menangkap ikan tersebut, petani itu sangat terkejut. Ternyata ikan yang ditangkapnya itu dapat berbicara. “Tolong aku jangan dimakan Pak!! Biarkan aku hidup”, teriak ikan itu. Tanpa banyak tanya, ikan tangkapannya itu langsung dikembalikan ke dalam air .
Watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ....
  1. baik hati
  2. dermawan
  3. pemberi
  4. penyayang
29
Bacalah cerita berikut!
Rani membantu ibunya berjualan sehabis pulang sekolah. Sambil menunggu pembeli Rani selalu menyempatkan membaca buku dan menulis puisi pada buku hariannya. Ibunya memberikan dukungan, membuat Rani lebih giat berkarya.
Prediksi sesuai cerita tersebutut adalah....
  1. Rani bisa saja menjadi penulis hebat
  2. Rani bisa saja menjadi penjual cerita
  3. Rani bisa saja menjadi pembaca hebat
  4. Rani bisa saja menjadi pembicara hebat
30
Bacalah cerita berikut
Dan Edo tetap percaya diri jika berkumpul bersama teman-temannya di sekolah, walau bekerja mengantar koran sebelum berangkat sekolah. Pada lomba cerdas cermat Edo terpilih menjadi wakil sekolah. Setiap hari Edo berusaha untuk selalu belajar untuk dapat menjadi juara lomba , salah satu motivasi Edo adalah hadiah uang untuk membeli sepeda.
Berdasarkan kutipan cerita berikut Edo adalah anak ....
  1. suka bekerja keras
  2. penuh suka-cita
  3. sangat pemberani
  4. pandai bekerja
31
Bacalah laporan berikut!
1. Hari/ tanggal pengamatan: Sabtu, 18 Maret 2007
2. Lokasi pengamatan

:Bengkel sepeda motor “Lancar Jaya”,
Jalan Sultan Agung 134, Tangerang
3. Pengamat: Dimas
4. Hasil Pengamatan:
Di pinggiran kota Tangerang, Paman Karyo memiliki bengkel sepeda motor, bengkel tersebut terletak di Jalan Sultan Agung 134, kurang lebih 5 km dari kota tangerang.Paman Karyo menamakannya “Lancar Jaya”. Di bengkel tersebut, Paman Karyo mempekerjakan lima orang montir. Mereka memiliki keahlian yang berbeda-beda. Ada yang ahli mesin, ahli menyetel roda, dan ahli memasang ban. Pekerjaan Paman Karyo hanya mengawasi montirnya. Akan tetapi, terkadang ia memberikan pengarahan. Kegiatan di bengkel Paman Karyo sangat sibuk. Beberapa orang tampak antre untuk memperbaiki sepeda motornya. Para montir melayani pelanggan dengan ramah dan cekatan. Hal inilah yang menjadi daya tarik para pelanggan.Semakin hari, pelanggan bertambah banyak. Pelanggan merasa puas dengan hasil pekerjaan montir-montir yang berpengalaman dan terdidik itu. Selain ingin memperbaiki kendaraan, ada juga yang datang untuk membeli onderdil kendaraan.

Demikianlah laporan pengamatan di bengkel “ Lancar Jaya “
Urutan penyajian laporan hasil kunjungan ke bengkel Sepeda Motor Lancar Jaya adalah ....
  1. waktu kunjungan, pengamat,isi, dan hasil pengamatan.
  2. hari dan tanggal,pengamatan, dan laporan pengamatan.
  3. hari dan tanggal, lokasi, hasil pengamatan, dan penutup
  4. hari dan tanggal, pembukaan, dan penutup pengamatan
32
Bacalah teks berikut!

Penyebab dan Dampak Terjadinya Banjir

Banjir merupakan keadaan yang terjadi ketika air dalam jumlah besar menggenangi sebagian wilayah daratan dalam waktu tertentu akibat curah hujan yang tinggi dan kerusakan alam. Banjir merupakan musibah/ bencana alam yang merugikan.

Faktor utama penyebab terjadinya banjir ialah karena perbuatan manusia. Kegiatan penebangan pohon secara liar bermotif dan berlatar belakang konsumtif serta keserakahan manusia menyebabkan berkurangnya daerah resapan air hujan.
Pernyataan sesuai isi teks berikut adalah ....
  1. Banjir terjadi ketika air dalam jumlah besar menggenangi wilayah daratan
  2. Banjir terjadi di daerah perkotaan yang didominasi jumlah penduduk sedikit
  3. Faktor utama penyebab terjadinya banjir ialah karena banyak sampah kota
  4. Pepohonan berfungsi untuk menahan air hilang menjadi resapan taman kota
33
Bacalah ringkasan teks eksplanasi berikut!
Banjir merupakan salah satu bencana alam yang menjadi langganan tahunan bagi sebagian kota di Indonesia. Banjir umumnya terjadi di daerah pinggiran sungai, pemukiman yang berdiri di tempat resapan air, serta tempat yang drainasenya juga bermasalah. Banjir sering terjadi pada saat musim penghujan dimana intensitas air yang turun cukup banyak, hal ini disebabkan ada 2 yaitu faktor alam serta faktor sosial. Dari beberapa media cetak yang penulis baca, faktor sosial lah yang menjadi penyumbang terbesar adanya bencana banjir ini.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
  1. Banjir merupakan bencana alam tahunan yang pasti terjadi di Indonesia
  2. Pemukiman yang berdiri di tempat resapan air umumnya terkena banjir
  3. Faktor alam menjadi penyumbang terbesar terjadinya banjir tahunan
  4. Intensitas air yang cukup banyak sebagai penyebab banjir di pegunungan
34
Perhatikan paragraf berikut!

Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini atau yang kita kenal dengan Ibu Kartini. Dia adalah salah satu keturunan keluarga terpandang yang lahir pada tanggal 21 April 1879. Dan keluarganya yang mewariskan suatu hal yaitu pendidikan. Beliau pernah duduk dibangku sekolah dasar sampai tamat sekolah sekolah dasar. Beliau tidak pernah puas akan ilmu pengetahuan dan membuat beliau ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun ayahnya tidak sependapat dengan beliau untuk melanjutkan pendidikanya. Tahu sikap ayahnya sperti itu beliau sedih namun tidak bisa mengubah keputusan ayahnya.
Berdasarkan paragraf tersebut, penyebab Raden Ajeng Kartini merasa sedih adalah ….
  1. pernah duduk di bangku sekolah dasar
  2. tidak pernah puas akan pendidikannya
  3. berasal dari keturunan yang terpandang
  4. tidak bisa megubah keputusan ayahnya
35
Perhatikan cara penggunaan dispenser berikut!
  • (1) Tuang air ke gelas dengan menekan atau memutar keran.
  • (2) Colokkan steker dispenser ke stopkontak.
  • (3) Tunggu hingga mencapai suhu yang diinginkan.
  • (4) Tekan tombol ON untuk menyalakan dispenser.

Urutan petunjuk cara penggunaan dispenser yang tepat adalah ...
  1. (2), (4), (3), (1)
  2. (2), (4), (1), (3)
  3. (4), (2), (3), (1)
  4. (4), (3), (1), (2)
36
Bacalah teks prosedur tentang persyaratan pengurusan paspor berikut!
  1. Meminta formulir permohonan paspor
  2. Mengisi formulir dengan data yang benar nama ditulis dengan huruf balok dengan menggunakan tinta hitam
  3. . . . .
  4. Melampirkan persyaratan dan memasukkan dalam satu map
  5. Formulir dan persyaratan yang sudah dimasukkan ke dalam map diserahkan kepada petugas loket
  6. Petugas migrasi akan memberi tahu waktu untuk pengambilan foto/sidik jari, tanda tangan paspor, serta wawancara
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
  1. Mengantri di loket pengambilan formulir
  2. Menempelkan materai pada formulir
  3. Menandatangani formulir permohonan
  4. Menyerahkan formulir ke petugas loket
37
Perhatikan teks petunjuk berikut!
  1. Petunjuk membuat kincir angin dari kertas
  2. Petunjuk membuat kincir angin dari botol plastik
  3. Petunjuk meminum obat
  4. Petunjuk membuat layang-layang
  5. Petunjuk arah
Contoh teks petunjuk membuat sesuatu ditunjukkan pada nomor ....
  1. 1), 2) dan 3)
  2. 1), 2) dan 4)
  3. 2), 3) dan 4)
  4. 2), 3) dan 5)
Cermati dua teks non fiksi berikut untuk nomor 38 dan 39!

Teks I:

Kapitan Pattimura adalah pahlawan dari Maluku. Beliau lahir 8 Juni 1783 dan meninggal 16 Desember 1817. Pattimura bangkit memimpin rakyat Maluku melawan kekejaman Belanda. Pihak Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh kepulauan Maluku. Rakyat diharuskan menjual hasil pertaniannya dengan sangat murah kepada Belanda.

Teks II:

Ir. Soekarno adalah tokoh yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Ir. Soekarno lahir di Surabaya, 6 Juli 1901. Sekolah dasar diselesaikannya di Mojokerto dan sekolah menengah pertama di Surabaya. Setelah tamat sekolah menengah, ia melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung.
38
Kedua teks tersebut menceritakan tentang ….
  1. jiwa patriotisme
  2. kepahlawanan
  3. tokoh pejuang
  4. perjuangan
39
Kesamaan dari perjuangan kedua tokoh tersebut adalah ….
  1. berjuang dimasa kerajaan
  2. berjuang pada masa muda
  3. berjuang dilakukan di abad 19
  4. sama-sama pahlawan nasional
40
Cermati surat undangan berikut!

Kalimat efektif dicetak miring pada surat undangan tersebut adalah ….
  1. Atas kehadiran teman-teman semua saya mengucapkan terimakasih
  2. Atas kehadiran para teman-teman saya mengucapkan terimakasih
  3. Atas kehadiran teman-teman saya mengucapkan terimakasih
  4. Kehadiran teman-teman semua saya diucapkan terimakasih

ISIAN
Lengkapi jawabanmu di teks area. Jika membutuhkan gambar, unggah (upload) hasil pekerjaanmu dalam bentuk poto di fitur Tambah Poto
41
Bacalah cuplikan berikut dengan saksama!
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software computer yang berbasis UNIX, dapat melakukan komunikasi dalam jarak tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan.

Dan akhirnya, semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembanggunan protocol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang disebar dengan menghubungkan computer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang bisa mudah dihancurkan.

Sekarang internet sudah menjadi hal yang sangat penting bagi manusia, contohnya untuk siswa sekolah. Mereka dapat mendapatkan informasi yang tidak ada di perpustakaan sekolah, semua itu bisa, asalkan mereka mempunyai koneksi internet.
Tuliskan kalimat-kalimat pertanyaan untuk menggali informasi yang terdapat pada teks tersebut!



jawabanku: Belum diisi atau disimpan
image preview1

42
Bacalah teks berikut!
Kebakaran hutan merupakan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Sebagai habitat berbagai hewan dan tumbuhan, hutan mengalami perubahan bentuk karena berbagai penyebab. Salah satu penyebab perubahan hutan yang paling sering terjadi adalah karena pembakaran hutan. Kebakaran hutan sering terjadi di daerah yang intensitas panas matahari sangat tinggi.

Terdapat dua faktor utama penyebab terjadinya bencana kebakaran hutan yaitu faktor alam dan faktor manusia. Contoh faktor alami yaitu petir, lelehan lahar gunung berapi, gesekan antar pohon saat kemarau paanjang.

Sebagian besar kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia disebabkan karena faktor ulah manusia yang tidak mau menjaga alam.

Pemerintah diharapkan lebih sigap meminimalisasi terjadinya kebakaran hutan di Indonesia.
Buatlah kalimat-kalimat pernyataan sesuai isi teks tersebut !



jawabanku: Belum diisi atau disimpan
image preview2

43
Perhatikan dengan saksama teks berikut!
Sekolah akan mengadakan kegiatan lomba lari marathon yang boleh diikuti oleh siswa kelas tinggi, yaitu empat, lima,enam yang mendapat izin dari ayah atau ibunya, dan domisili tinggal bukan dari kecamatan lain, serta usianya tidak lebih dari 16 tahun. Peserta boleh memilih jarak tempuh yaitu jarak pendek, menengah, jauh. Peserta juga sudah pernah mengikuti lomba serupa tingkat tertentu.
Buatlah formulir pendaftaran untuk kegiatan lomba tersebut!
Petunjuk khusus: Gunakan gambar, isi teks area jawaban dengan keterangan "dijawab dengan gambar"



jawabanku: Belum diisi atau disimpan
image preview3

44
Perhatikan teks undangan berikut !

Salinlah teks undangan tersebut menggunakan tanda baca yang benar !
Petunjuk khusus: Boleh gunakan gambar, isi teks area jawaban dengan keterangan "dijawab dengan gambar"



jawabanku: Belum diisi atau disimpan
image preview4


45
Perhatikan teks pidato berikut !

Lengkapilah teks pidato tersebut pada bagian isinya (tulisan bercetak miring)!



jawabanku: Belum diisi atau disimpan
image preview5


LAMASO KURIKULUM 2013

KOMPETISI BAHASA INDONESIA CEGAH COVID-19


Nama Siswa :
Mata Ujian :
Nilai : 00 untuk Pilihan Ganda

Untuk Isian (Validasi Gurumu)

Diselesaikan pada : Waktu Selesai Mengerjakan
Daftar Jawaban:
Jumlah Tugas:

Tugas 1:Poto Jawaban No. 36

Tugas 2:Poto Jawaban No. 37

Tugas 3:Poto Jawaban No. 38

Tugas 3:Poto Jawaban No. 39

Tugas 3:Poto Jawaban No. 40


Jumlah soal PG :

Jumlah Soal sudah dijawab :

Jumlah Soal belum dijawab :


Pilihan dijawab:


Jawaban Isian:

Simpan hasil nilai ini dalam bentuk pdf, lalu kirimkan ke WA Gurumu.


Kirim Nilai ke Database Lamaso

Selamat ya, Kamu berhasil mendapatkan nilai yang bagus. Ayo segera kirimkan nilai Kamu ke Lamaso. Daftarkan nilaimu untuk dikompetisikan bersama siswa-siswa lain.

Kirim nilaimu di sini:

Hasil nilaimu akan langsung otomatis terkirim ke database Lamaso. Pengumuman hasil seluruh nilai peserta kompitisi ini dapat Kamu tanyakan ke guru kelasmu. Kami sudah memberitahukan kepada pengawas binaan masing-masing (Khusus Kota Depok). Pengumuman umumnya, Kami akan posting di blog lamasoblog.blosgpot.com atau diposting di web www.sdnratujaya1.net

Halaman Utama

Latihan Soal

Pembahasan Soal

Tentang Lamaso


Halaman Utama

Latihan Soal

Pembahasan Soal

Tentang Lamaso

LAMASO KURIKULUM 2013

Tentang LAMASO


Assalamualikum Warohmatullahi Wabarokaatuh ...

LAMASO adalah singkatan dari LAtihan MAndiri Siswa Online. Lamaso sendiri dapat diartikan sebagai suatu aplikasi yang digunakan untuk belajar secara mandiri oleh siswa dengan perantara jaringan untuk mengaksesnya. LAMASO dapat dijalankan di perangkat-perangkat elektronik semisal Komputer, Laptop, Smartphone, hingga Handphone.

LAMASO berekstensi *html sehingga file berekstensi jenis ini dapat dijalankan oleh aplikasi peramban (browser) yang ada di hampir semua jenis perangkat elektronik. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Tinggal buka file-nya lalu dijalankan dengan peramban yang ada di perangkat elektronik yang kita miliki.

Sesuai dengan namanya, LAMASO adalah media sebagai latihan mandiri. Sejenis LKS (Lembar Kerja Siswa) versi cetak, LAMASO adalah versi daring (dalam jaringan)/online dari LKS. Keunggulan LAMASO dibanding LKS tidak hanya menitikberatkan pada kepraktisan dan kemudahannya saja, melainkan pada satu kondisi dimana anak didik lebih kita arahkan untuk menggunakan fasilitas internet dengan benar. Nantinya, akan ada salah satu fitur di file LAMASO yang berisikan link-link informasi dalam menunjang materi latihan. Al hasil, LAMASO akan mengarahkan anak didik untuk mengakses informasi-informasi yang bermanfaat saja di internet.

LAMASO yang Anda gunakan saat ini adalah LAMASO versi 2020c. Artinya LAMASO akan terus mengalami pembaharuan sesuai dengan kebutuhan. Fitur-fitur pada Lamaso ini di antaranya unggah poto (dengan gambar atau kamera HP), Game, memuat tulisan Arab, video, pembahasan dan lain-lain yang ada pada LAMASO yang Anda gunakan.

Tentang Pembuat


Nama : Ade Andriansyah, S.Pd.SD

NIP : 19870710 201903 1 002

Tempat tugas : SDN Ratujaya 1-Kota Depok

Situs : www.sdnratujaya1.net

Info penerapan Lamaso:Mengenal Lamaso, Media Pembelajaran online yang diterapkan di SDN Ratujaya 1
Wassalamualaikum.

Halaman Utama

Latihan Soal

Tentang Lamaso

Komentar

Posting Komentar